Rabu, 24 Oktober 2012

Paragraf Deduktif & Paragraf Induktif



Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama.

Ciri-ciri paragraf deduktif
  1. Kalimat utama berada di awal paragraf.
  2. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan.
Contoh dan Jenis paragraf deduktif

Islam memberikan perhatian penuh terhadap sektor pertanian dan menganggap pangan, khususnya pangan pokok, adalah persoalan yang sangat vital dan penting. Bahkan islam menganggap ketersediaan pangan atau makanan sebagai prioritas yang harus ditunaikan oleh negara terhadap warga negara.

Seiring pertumbuhan di industri keuangan syariah yang kian pesat, kebutuhan sumber daya insani juga semakin bertambah. Hal ini pun menimbulkan kebutuhan akan keselarasan dengan lingkungan perguruan tinggi, yaitu lulusan yang dihasilkan mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja (link and match).


 Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.

Ciri-ciri paragraf induktif
  1. Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus
  2. Kemudian, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus
  3. Kesimpulan terdapat di akhir paragraf
  4. Menemukan kalimat utama, gagasan utama, kalimat penjelas, kalimat utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf.
  5. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama
  6. Kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama, yakni yang mengungkapkan peristiwa-peristiwa khusus
  7. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama.
Contoh dan Jenis paragraf Induktif

Selain kaya akan budaya , Indonesia juga memiliki lahan pertanian yang subur yang banyak menghasikkan rempah-rempah , bahan pangan , bahkan juga buah-buahan. Dari segi barang tambang , Indonesia juga sangat potensial, terbukti Indonesia salah satu Negara di Asia yang meng ekspor minyak bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya. Maka tidak salah kalau dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya.

Jangan pernah mematikan komputer langsung dari stop kontak, stabilizer apalagi mencabut langsung kabel power komputer anda, karena kebiasaan tadi bisa merusak komputer baik dari segi Hardware maupun Software. Efek terhadap hardware komputer seperti harddrive rusak pada sektor-sektor tertentu atau bad sector akibat listrik mati mendadak, lalu efek terhadap software seperti hilangnya data atau rusak akibat kebiasaan tadi. Maka untuk mencegah hal itu terjadi baiknya selalu gunakan fitur “shutdown’ pada Kompter anda. Itulah tips mematikan komputer yang benar agar tidak merusak perangkat keras/lunak komputer.


*yang bercetak tebal adalah kalimat utamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar