Rabu, 12 Desember 2012

Contoh Kasus Mengenai Ekonomi Syariah

Soal 1:

Pak Anto adalah seorang pengusaha yang sedang membutuhkan uang untuk pengembangan usahanya sebesar 100 juta. Ia bermaksud meminjam uang kepada temannya yaitu Pak Hasan. Pak Hasan menyetujui memberikan pinjaman dengan syarat bahwa Pak Anto harus mengembalikan pinjaman tersebut dalam tempo waktu 1 bulan sebesar 120 juta. Menurutnya kelebihan tersebut adalah wajar karena uang itu digunakan oleh Pak Anto untuk mengembangkan usaha dan bukan kebutuhan konsumtif. Pak Anto juga tidak keberatan dengan permintaan tersebut karena ia juga bisa mendapatkan untung dari pinjaman itu. Dengan demikian, keduanya saling ridha dan tidak ada keberatan terhadap transaksi itu.

Pertanyaan:
Menurut Anda apakah tindakan yang dilakukan oleh Pak Anto dan Pak Ahmad dapat dibenarkan menurut Islam dan jelaskan argumen yang Anda gunakan.

Jawaban 1:
Tindakan yang dilakukan oleh Pak Anto dan Pak Ahmad tidak dibenarkan menurut islam, walaupun transaksi tersebut didasari atas rasa ridha karena ekonomi Islam tidak mengenal sistem bunga, karena bunga sesungguhnya telah jatuh ke dalam kategori riba. Islam juga tidak mengenal konsep time value of money dimana syarat pinjaman diberlakukan tidak sesuai muamalah. Di mata Islam yang bernilai adalah waktu itu sendiri, economic value of time. dalam melakukan investasi atas pengembangan usaha tidak menuntut secara pasti akan hasil yang akan diperoleh di masa yang akan datang. Hasil investasi dimasa yang akan datang sangat dipengaruhi beberapa  faktor, baik faktor yang dapat diprediksikan maupun tidak maka nisbah yang disepakati antara Pak Anto dan Pak Ahmad akan menimbulkan return (perolehan usaha) yang tidak pasti/gharar.
Soal 2:
Apa yang dimaksud dengan dengan transaksi pengganti (‘iwadh) dalam ekonomi Islam dan sebutkan apa-apa saja yang termasuk ‘iwadh tersebut.
Jawaban 2:
Iwadh adalah setiap penambahan yang diambil tanpa adanya transaksi pengganti.
Iwadh dibagi menjadi 3 macam yaitu:
1.       Jual Beli (Tijaroh)
Yaitu hak proses pemindahan hak milik barang atau aset dengan menggunakan uang sebagai media.

2.       Bagi Hasil (Syirkah)
Prinsip yang didasarkan pada prinsip bagi hasil. Terdapat pada produk pendanaan dan pembiayaan.

3.       Ijarah/Jasa
Perjanjian antara pemilik barang dengan penyewa yang memperbolehkan penyewa untuk memanfaatkan barang tersebut dengan  membayar sewa sesuai   perjanjian kedua belah pihak, setelah masa sewa beraakhir maka barang akan dikembalikan   kepada pemilik.

Soal 3:
Sebutkan pengertian murabahah dalam praktik perbankan Islam dan gambarkan mekanismenya

Jawaban 3:
Murabahah adalah transaksi penjualan barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. diterapkan dalam pembia-yaan untuk pengadaan barang investasi.
Mekanisme Murabahah:
*      Barang sbg objek, nasabah berhutang uang karena membeli barang
*      Akad jual beli dan memenuhi rukun jual beli
*      Margin tidak berubah
*      Pertukaran barang dengan uang
*      Sektor moneter terkait dengan sektor riil, sehingga menyentuh langsung sektor riil
*      Mendorong percepatan arus barang, mendorong produktifitas dan entre preneurship, yang pada gilirannya meningkatkan employment
*      Bila macet, tidak ada bunga berbunga
*      Jika nasabah tidak mampu membayar, tidak ada denda (QS.2:283)
*      Jika nasabah dinilai mampu, tetapi tidak bayar, dikenakan denda untuk mendidik. Dananya utk sosial, bukan pendapatan bank
*      Terjadi pemindahan kepemilikan, barang sekaligus sbg jaminan
*      Tidak membuka jalan spekulasi
*      Sah, halal dan penuh berkah
*      و أحل الله  البيع
*      Uang sebagai alat tukar (purchasing power)

Soal 4:
Apa perbedaan antara salam dan istisna’ dan gambarkan mekanismenya di perbankan syariah.

Jawaban 4:
Ø  Secara etimologi, salam = Isti’jal atau minta di segerakan.
Ø  Salam secara terminologi, yaitu menjual sesuatu yang tertanggung dengan pembayaran segera. salam= salaf= alMahawi’ij= mafalis= indent.

Ø  Secara etimologi, Istishna’ yaitu permintaan membuatkan sesuatu .

Ø  Secara terminologi akad yang dilakukan oleh mustashni’ dan shani’ untuk membuat kerja tertentu yang jadi tanggungan shani’ .

http://i956.photobucket.com/albums/ae50/ADIPRA/BAialistinha.png 

Soal 5:
Sebutkan sebab-sebab terjadinya gharar (ketidak jelasan/uncertainty) dalam transaksi dan sebutkan contoh-contoh gharar dalam transaksi muamalah yang Anda ketahui.
Jawaban 5:
Sebab-sebab terjadinya gharar (uncertainty):
1. Kurangnya informasi atau pengetahuan (jahala, ignorance) pada pihak yang melakukan kontrak.
2. Karena tidak adanya objek yang diperjual belikan.

Contoh-contoh gharar dalam transaksi muamalah:
1.       Ju’alah
Yaitu suatu kontrak dimana pemilik (principle) menyewa seseorang (agent) untuk melakukan suatu pekerjaan.

2.       Bai’ Urbun
Yaitu transaksi jual beli dengan wujudnya uang muka (down payment).

3.       Jual Beli Mukhadharah
Menjual buah-buahan yang belum pantas untuk dipanen, seperti menjual mangga yang masih yang masih muda, timun suri yang masih mentah.

4.       Gambling
Gambling adalah bentuk utuh dari gharar itu sendiri. Dua kata ini, yaitu gambling (perjudian) dan gharar (ketidakpastian).

5.       Asuransi
Yaitu pertukaran kewajiban dengan premi untuk menanggung resiko dari suatu aset, jika aset tersebut rusak, maka pemilik berhak atas kompensasi aset tersebut, sebaliknya jika sampai masa tertentu, aset masih utuh, maka pihak yang menanggung berhak atas premi yang dibayarkan.

Soal 6:
Abi melakukan transaksi dengan Umi berupa pembelian barang dari kota ABC menuju kota XYZ. Abi sekarang berada dikota XYZ, sedangkan umi berada di kota ABC. Transaksi mereka adalah jual beli mangga, berhubung umi adalah pemilih kebun mangga seluas satu hektar, maka disepakatilah harganya Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah), mekanisme pembayarannya adalah, abi akan memberikan Down Payment (DP) kepada si umi tanda jadi sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah). Transaksi berjalan dengan mulus dan sesuai rencana masing-masing pihak dan kedua pihak saling ridha dan senang karna tidak ada hambtan apapun.
Pertanyaan: apakah transaksi diatas sudah sah menurut islam? Jika sudah, apa syarat sah sebuah transaksi menurut syariah? Jika belum, apa permasalahannya? Sebutkan contoh sebuah transaksi yang sah tapi tidak diperbolehkan dan yang diperbolehkan tapi tidak sah?
Jawaban 6:
Transaksi jual beli mangga tersebut belum diperbolehkan, karena barang yang dijual belum disebutkan ciri-cirinya secara jelas seperti kualitas dan kuantitasnya, dan dijaminkan oleh penjual, begitu pula pembeli belum percaya sehingga ia hanya rela menyerahkan down payment (DP). Seharusnya uang diserahkan seluruhnya.
Transaksi jual beli mangga tersebut akan diperbolehkan bagi kita untuk melakukan pembayaran tertunda, begitu pula dibolehkan barangnya yang diserahkan tertunda seperti yang ditemukan dalam akad salam, dengan syarat tanpa ada perselisihan antara penjual dan pembeli. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah  tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya” (QS. Al Baqarah: 282). Utang termasuk pembayaran tertunda dari harta yang dijaminkan. Maka selama barang yang dijual disebutkan ciri-cirinya yang jelas dan dijaminkan oleh penjual, begitu pula pembeli sudah percaya sehingga ia pun rela menyerahkan uang sepenuhnya kepada penjual, namun barangnya tertunda, maka ketika itu barang tersebut boleh diserahkan tertunda.

ü  Transaksi jual-beli yang diperbolehkan tapi tidak sah
Orang yang mempunyai perusahaan sering membutuhkan uang untuk keperluan perusahaan mereka, bahkan sewaktu-waktu kegiatan perusahaannya sampai terhambat karena kekurangan modal. Sedangkan si pembeli, selain akan mendapatkan barang yang sesuai dengan yang diinginkannya, ia pun sudah menolong kemajuan perusahaan saudaranya.
ü  contoh sebuah transaksi yang sah tapi tidak diperbolehkan
Aktivitas jual beli secara online melalui Internet,  jual beli semacam ini hanya dengan memajang katalog barang yang akan dijual, tidak dibolehkan karena dianggap termasuk larangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjual barang yang tidak dimiliki ketika akad.


6 komentar:

  1. Kabar gembira untuk kalian semua orang Indonesia di platform ini, Tuhan yang setia kepadaku dan seluruh keluargaku sejak september 2020, kesaksian dan kabar baikku begini,
    Nama saya MAULANA ARIEF, Seorang pria Muslim dan saya dari kota Serang Indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
    Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, Saya seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang ada di platform ini yang membutuhkan dan mencari pinjaman asli untuk sangat berhati-hati karena Internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

    Saya dan istri saya memiliki hutang besar yang harus dibayar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari dubia pada bulan Juli 2020, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan bertanya kepada kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar 60 juta Rupiah kepada perusahaan pinjaman palsu di dubia karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayarkan, kami tidak mendapatkan pinjaman apapun dan istri saya dan saya sangat frustasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami putus asa dan jenuh dengan kehidupan.

    Kepada Tuhan yang sangat baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami kepada seorang penolong dan pada hari setia 27, November, 2020 ini, saya sedang berselancar di internet ketika saya dapat menemukan kesaksian dari seorang wanita Indonesia bernama MELIYAKSI LAY dengan alamat email : (meliyaksilay@gmail.com)

    yang berasal dari kota batu malang jatim, tentang bagaimana Tuhan merubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi ibu karina dan dia memperkenalkan saya kepada ibu karina dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu karina oleh
    menghubunginya karena dia mendapat pinjaman dari MRS. KARINA yang merupakan pemilik dari PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, kemudian saya menghubungi MRS MELIYAKSI LAY untuk informasi lebih lanjut tentang MRS. KARINA jika dia benar-benar mendapat pinjaman dari MRS. KARINA dan dia berkata ya dan menunjukkan bukti transfer pinjaman dan saya percaya dan saya memutuskan untuk menghubungi MRS KARINA ROLAND dan saya mengajukan pinjaman sebesar 3 Miliar Rupiah dan setelah saya mengajukan aplikasi pinjaman saya dan data saya diverifikasi maka pinjaman saya disetujui dan Saya hanya diminta untuk mendapatkan perjanjian sertifikat pinjaman saya dan setelah itu pinjaman saya disetujui dan saya sangat terkejut. Pinjaman saya sebesar 3 Miliar Rupiah telah ditransfer ke rekening bank saya dengan tingkat bunga rendah 2% dan bahkan tanpa jaminan, tanpa penjamin
    jadi saya ingin menyarankan sesama WNI yang sedang mencari pinjaman asli untuk menghubungi MOTHER KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +1(585)708-3478

    Dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli di platform ini dan di blog ini, dia adalah ibu yang baik, Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang MRS KARINA IBU melalui whatsapp atau email: +62 882-2827-3825 atau (maulanaarief461 @ gmail. com)

    Catatan: sepatah kata sudah cukup untuk yang bijak dan terima kasih telah membaca kesaksian saya dan kabar baik
    Tuhan memberkati kalian semua!

    BalasHapus
  2. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    BalasHapus
  3. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya emailnya dan saya mengiriminya email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) dan dengan nomor WA-nya: +1-585-326-2165. Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    BalasHapus
  5. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Sungguh luar biasa bagaimana saya mendapat pinjaman sebesar Rp150.000.000. Nama Saya Ibu Mainunah Elsa Saya warga negara Indonesia. saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tapi saya senang setelah bertemu dengan IBU KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu itu: Email: (karinarolandloancompany@gmail.com)
    NAMA PERUSAHAAN = KARINA ELENA ROLAND PINJAMAN PERUSAHAAN
    WHATSAP = +15857083478 atau +(323) 230-9820
    FACEBOOK= ELENA KARINA ROLAND
    INSTAGRAM = ROLAND KARINA
    TWITTER====KARINA ROLAND
    EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    NAMA= MAINUNAH ELSA
    NEGARA = INDONESIA
    NAMA AKUN =, MAINUNAH ELSA
    BANK= BANK NEGARA INDONESIA
    PINJAMAN DISETUJUI = Rp 150.000.000
    EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM

    BalasHapus