Selasa, 30 April 2013

APPLICATION LAYER



    Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya dimana pesan akan dikirim. Protokol Application Layer digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada source dan host tujuan. Ada banyak protokol Application Layer dan protokol terus dikembangkan. Application layer berada pada ujung protocol stack TCP/IP. Application layer pada TCP/IP adalah kumpulan dari beberapa komponen software yang mengirim dan menerima informasi dari port TCP dan UDP. Beberapa komponen pada application layer hanya sebagai alat untuk pengumpul informasi konfigurasi network dan beberapa lainnya boleh jadi adalah sebuah user interface atau Application Program Interface (API) yang mendukung desktop operating environment.

OSI dan TCP/IP Model
 Fungsi yang terkait dengan protokol Application Layer jaringan memungkinkan manusia untuk antarmuka dengan jaringan data yang mendasarinya. Ketika kita membuka web browser atau jendela instant messaging (IM), aplikasi dimulai, dan program ini dimasukkan ke dalam perangkat memori di mana ia di eksekusi. Setiap program yang di eksekusi dimuat pada perangkat yang disebut sebagai suatu proses. Dalam Application Layer, ada dua bentuk program perangkat lunak atau proses yang menyediakan akses ke jaringan: aplikasi dan layanan.
Application Layer menggunakan protokol yang diimplementasikan dalam aplikasi dan layanan. Sedangkan aplikasi menyediakan orang dengan cara untuk membuat pesan dan layanan application layer membentuk sebuah antarmuka untuk jaringan, protokol menyediakan aturan dan format yang mengatur bagaimana data diperlakukan. Ketiga komponen dapat digunakan oleh program executable tunggal dan bahkan dapat menggunakan nama yang sama. Misalnya, ketika membahas "Telnet" kita bisa mengacu pada aplikasi, layanan, atau protokol. Dalam model OSI, aplikasi yang berinteraksi langsung dengan orang dianggap berada di atas tumpukan, seperti masyarakat sendiri. Seperti semua lapisan dalam model OSI, Application Layer bergantung pada fungsi dari lapisan bawah untuk menyelesaikan proses komunikasi. Dalam Application Layer, protokol menentukan pesan apa yang dipertukarkan antara host sumber dan tujuan, sintaks dari perintah kontrol, jenis dan format data yang dikirim, dan metode yang sesuai untuk pemberitahuan kesalahan dan pemulihan.

Protokol Application Layer digunakan oleh kedua perangkat sumber dan tujuan selama sesi komunikasi. Agar komunikasi berhasil, protokol Application Layer diimplementasikan pada host sumber dan tujuan harus cocok. Protokol menentukan bagaimana data di dalam pesan sudah terstruktur dan jenis pesan yang dikirim antara sumber dan tujuan. Pesan-pesan ini dapat permintaan untuk layanan, pengakuan, pesan data, pesan status, atau pesan kesalahan. Protokol juga mendefinisikan dialog pesan, memastikan bahwa pesan yang dikirimkan adalah dipenuhi oleh respon yang diharapkan dan jasa yang benar dipanggil ketika terjadi transfer data.
Aplikasi dan layanan juga dapat menggunakan beberapa protokol dalam perjalanan percakapan tunggal. Salah satu protokol mungkin menetapkan bagaimana untuk melakukan sambungan jaringan dan lain menggambarkan proses untuk transfer data bila pesan dilewatkan ke lapisan berikutnya yang lebih rendah.

Protocol Dalam Aplication Layer 

DNS Protocol
Dalam jaringan data, peralatan diberi label dengan alamat IP numerik, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam mengirim dan menerima pesan melalui jaringan. Namun, kebanyakan orang sulit mengingat alamat numerik. Oleh karena itu, nama domain diciptakan untuk mengkonversi alamat numerik menjadi nama, sederhana dikenali. Di internet nama domain ini, seperti www.cisco.com, jauh lebih mudah bagi orang untuk diingat daripada 198.133.219.25, yang adalah alamat numerik sebenarnya untuk server ini. Juga, jika Cisco memutuskan untuk mengubah alamat numerik, adalah transparan kepada pengguna, karena nama domain akan tetap  www.cisco.com. Alamat baru hanya akan dihubungkan ke nama domain yang ada dan konektivitas dipertahankan. Ketika jaringan masih kecil, itu adalah tugas sederhana untuk  menjaga pemetaan antara nama domain dan alamat mereka mewakili. Namun, karena jaringan  mulai tumbuh dan jumlah perangkat meningkat, ini sistem manual menjadi tidak bisa dijalankan.
Domain Name System (DNS) adalah diciptakan untuk nama domain untuk alamat resolusi jaringan ini. DNS didistribusikan menggunakan satu set server untuk menyelesaikan nama-nama yang terkait dengan alamat nomor. Protokol DNS mendefinisikan sebuah layanan otomatis yang cocok dengan nama sumber daya dengan alamat jaringan yang dibutuhkan numerik. Hal ini termasuk format untuk pertanyaan, tanggapan, dan format data. Komunikasi protokol DNS menggunakan format tunggal yang disebut pesan. Format pesan ini digunakan untuk semua jenis permintaan klien dan respon server, pesan kesalahan, dan transfer informasi sumber daya catatan antara server.
Sistem operasi komputer juga memiliki utilitas yang disebut nslookup yang memungkinkan pengguna untuk secara manual query server nama untuk menyelesaikan nama host yang diberikan. Utilitas ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah resolusi nama dan untuk memastikan status saat ini dari server nama. 

SMTP /POP Protocol
E-mail, layanan jaringan yang paling populer, telah merevolusi cara orang berkomunikasi melalui kesederhanaan dan kecepatan. Namun untuk dijalankan pada komputer atau perangkat ujung yang lain, e-mail memerlukan beberapa aplikasi dan layanan. Dua contoh aplikasi protokol lapisan adalah Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).
Ketika orang menulis pesan e-mail, mereka biasanya menggunakan aplikasi yang disebut Mail User Agent (MUA), atau klien e-mail. The MUA memungkinkan pesan yang akan dikirim dan tempat-tempat pesan yang diterima ke kotak surat klien, yang keduanya adalah proses yang  berbeda.  Untuk menerima pesan e-mail dari server e-mail, klien e-mail dapat menggunakan  POP. Mengirim e-mail baik dari klien atau server menggunakan format pesan dan string perintah yang didefinisikan oleh protokol SMTP. Biasanya klien e-mail menyediakan fungsionalitas dari kedua protokol dalam satu aplikasi.
E-mail Server Proses - MTA dan MDA
Server  e-mail mengoperasikan dua proses terpisah:
*      Mail Transfer Agent (MTA)
*      Mail Delivery Agent (MDA)
Mail Transfer Agent (MTA) proses digunakan untuk meneruskan e-mail. Seperti ditunjukkan dalam gambar, MTA menerima pesan dari MUA atau dari MTA lain pada server lainnya e-mail. Berdasarkan header pesan, ini akan menentukan bagaimana pesan harus diteruskan untuk mencapai tujuannya. Jika surat ditujukan kepada pengguna yang mailbox pada server lokal, surat akan diteruskan ke MDA. Jika surat tersebut adalah untuk pengguna bukan pada server lokal, rute MTA e-mail ke MTA pada server yang tepat. 

NNTP
Berita Jaringan Transport Protocol (NNTP) memungkinkan server dan klien untuk bertukar informasi, tetapi dalam hal ini informasi yang dipertukarkan dalam bentuk artikel berita. NNTP awalnya diterapkan pada jaringan pendahulunya internet, ARPANET.
Pengumpulan newsgroup dikenal sebagai Usenet dan telah berkembang menjadi sebuah jaringan besar server berita tuan newsgroup. Hari ini ribuan newsgroup dikhususkan untuk diskusi dari setiap topik yang bisa dibayangkan (dan beberapa yang tak terbayangkan).
NNTP diimplementasikan sebagai protokol lapisan aplikasi client server. Berita server (misalnya: msnews.microsoft.com) mengelola artikel berita dan klien berita. IIS berisi layanan server NNTP dan dapat digunakan untuk host kelompok berita.
Seorang klien berita adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada komputer klien dan digunakan untuk kedua membaca dan menulis artikel berita. Outlook Express mencakup komponen pembaca berita dan newsgroup juga dapat diakses melalui World Wide Web oleh layanan seperti Google Groups.
Newsgroup berbeda dari forum lain seperti milis internet (di mana semua pesan yang diposting tiba otomatis kotak masuk Anda jika Anda anggota) dan forum diskusi web (yang diakses melalui browser). Dengan newsgroup Anda harus membuka klien berita dan mencari kelompok yang ingin Anda baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar